Breaking News
4 Masalah Kesehatan Seksual yang Umumnya Dialami Pria

4 Masalah Kesehatan Seksual yang Umumnya Dialami Pria

MEDAN | DN24 -

Banyak orang masih merasa tidak nyaman membicarakan kesehatan seksual tanpa menyadari fakta bahwa membicarakan kesehatan seksual sama pentingnya dengan masalah medis lainnya.

Kesehatan seksual mengacu pada keadaan kesejahteraan yang memungkinkan seseorang untuk menikmati seksualitas sepanjang hidup mereka.
Bagi pria, kesehatan seksual yang optimal mencakup hasrat seksual dan kemampuan untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi. Namun, ada serangkaian faktor fisik, psikologis, interpersonal, dan sosial yang dapat memengaruhi kesehatan seksual pria.

Sementara, beberapa masalah kesehatan seksual umum terjadi di kalangan pria. Lantas apa saja masalah kesehatan seksual yang umum terjadi di kalangan pria? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Times Now News.

1. Disfungsi ereksi
Disfungsi ereksi dianggap sebagai masalah kesehatan seksual yang paling umum pada pria. Disfungsi ereksi atau impotensi, terjadi ketika seorang pria tidak bisa mendapatkan atau mempertahankan ereksi yang cukup untuk hubungan seksual. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk stres, depresi, terlalu banyak minum alkohol, kondisi medis tertentu seperti diabetes dan cedera tulang belakang.

2. Ejakulasi tertunda
Ejakulasi tertunda atau disebut juga ejakulasi terganggu, merujuk pada kondisi di mana seorang pria mengalami kesulitan atau ketidakmampuan untuk mencapai orgasme dan untuk ejakulasi air mani. Penyebabnya bisa dikarenakan fisik atau psikologis seperti kecemasan, depresi, obat-obatan untuk penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

3. Orgasme kering
Oragasme kering merupakan suatu kondisi di mana pria tidak dapat berejakulasi meskipun telah mencapai orgasme. Orgasme kering dapat disebabkan oleh kerusakan saraf karena diabetes, obat untuk mengobati tekanan darah tinggi atau gangguan mood, pembedahan yang berhubungan dengan masalah prostat dan kandung kemih.

4. Kehilangan libido
Kehilangan gairah seks atau penurunan minat dalam aktivitas seksual dapat disebabkan oleh sejumlah masalah kesehatan fisik dan mental. Diantaranya seperti depresi, stres, diabetes tipe 2, obesitas, tekanan darah tinggi, masalah tidur, kemoterapi hingga radiasi. Kondisi ini juga bisa terjadi karena hasil dari penurunan kadar testosteron, yang wajar seiring bertambahnya usia pria.
 
 
Sumber : SINDOhealth