Breaking News
5 Jenis Makanan yang Sulit Dicerna Sistem Pencernaan Kita

5 Jenis Makanan yang Sulit Dicerna Sistem Pencernaan Kita

MEDAN | DN24 -

Banyak makanan tersedia di pasaran. Masing-masing makanan itu mengandung nutrisi dan punya manfaat masing-masing. Namun, tak semua makanan itu gampang dicerna sistem percernaan kita.

Mencatat semua makanan yang dimakan atau diminum bukanlah hal yang mudah. Namun, jika makanan itu menyebabkan masalah pencernaan, maka itu bakal menjadi sesuatu yang penting. Lantas, makanan apa saja yang sulit dicerna? Dikutip dari TNN, setidaknya ada 5 makanan yang bakal sulit dicerna sistem pencernaan kita.

1. Makanan olahan
Keripik, permen, junk food, semuanya itu sulit dicerna. Ini terjadi karena makanan olahan mengandung sejumlah zat adiktif yang menjaga kesegaran produk mereka. Kandungan kimiawi ini tidak baik bagi kesehatann dan mungkin menempel di hati.

2. Makanan mengandung gula
Produk yang memiliki kandungan gula banyak diketahui buruk bagi kesehatan. Bahkan pemanis bebas gula pun tak benar-benar diserap tubuh. Meskipun pemanis buatan tidak menghasilkan kalori, makanan ini tidak memberikan keuntungan bagi tubuh.

3. Produk susu
Beberapa orang tidak bisa mencerna produk susu. Ini terjadi karena mereka kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk mencerna laktosa, yang merupakan gula alamiah yang ada di produk susu.

4. Biji-bijian
Biji-bijian sering kali lolos dari perut tanpa dicerna. Ini terjadi karena sebagian besar biji-bijian mentah mengandung asam fitik, yang mengintervensi penyerapan mineral penting. Jangan mengonsumsi biji-bijian mentah secara langsung, tapi jemur dulu sebelum dikonsumsi.

5. Serat
Tubuh kita sebenarnya tidak bisa mencerna serat. Terlebih, serat tidak mengandung kalori dan kita tidak mendapatkan energi dari sumber makanan ini. Namun, serat sangat penting bagi sistem pencernaan kita. Serat yang tidak dicerna membentuk tumpukan yang membantu otot di dalam usus untuk mendorong kotoran dari dalam tubuh. 
 
 
Sumber : SINDOnews