Breaking News
5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Jantung

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Jantung

MEDAN | DN24 -

Penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke disebabkan karena kondisi seperti hipertensi dan peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh. Nah, bawang putih dapat membantu mengurangi kondisi tersebut dan meningkatkan kesehatan jantung.

Bawang putih juga mampu meningkatkan metabolisme, meremajakan kulit, dan menyembuhkan stres serta kelelahan. Lantas apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan jantung? Berikut ulasannya seperti dilansir Times Now News.

1. Mengurangi tekanan darah
Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung seperti stroke dan serangan jantung. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa bawang putih dosis tinggi, misalnya sekitar 4 siung sehari memiliki efek yang sama dalam menurunkan tekanan darah seperti obat-obatan. Konsumsi bawang putih dalam makanan rutin Anda benar-benar dapat berdampak baik bagi kesehatan jantung.


2. Meningkatkan kadar kolesterol
Kolesterol tinggi adalah alasan lain untuk masalah jantung. Bawang putih dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol baik total maupun LDL atau kolesterol jahat. Bawang putih mengurangi kolesterol jahat tetapi sedikit atau tidak berpengaruh pada HDL atau kolesterol baik. Termasuk bawang putih dalam diet jika Anda memiliki kolesterol tinggi adalah ide yang bagus.

3. Mengurangi stres
Bawang putih termasuk antioksidan yang sangat membantu tubuh dan jantung. Asupan bawang putih yang tinggi meningkatkan enzim antioksidan dalam tubuh dan mengurangi stres oksidatif yang juga menyebabkan hipertensi. Termasuk bawang putih dalam diet benar-benar dapat membantu membersihkan tubuh dan memberikan manfaat untuk penyakit hipertensi.

4. Membantu mendetoksifikasi logam berat dalam tubuh
Bawang putih membantu mencegah kerusakan organ karena sifat penyembuhannya dan dengan demikian membantu mendetoksifikasi logam berat dalam tubuh yang dapat memperburuk kesehatan jantung, jika tidak rusak. Dengan bertambahnya racun di udara karena polusi, bawang putih bisa menjadi makanan yang baik untuk dimasukkan ke dalam diet untuk memastikan bahwa keberadaan logam berat seperti timbal dalam tubuh hilang.

5. Mudah dimasukkan dalam menu makanan
Selain lezat dan memiliki rasa yang luar biasa, memasukkan bawang putih dalam menu makanan juga sangat mudah. Anda akan menemukan banyak manfaat dari mengonsumi bawang putih baik disengaja atau tidak. 
Sumber : SINDOnews