Breaking News
Kapoldasu Resmikan Kapal Cepat dan Mengikuti Hari Peduli Sampah Nasional di Belawan

Kapoldasu Resmikan Kapal Cepat dan Mengikuti Hari Peduli Sampah Nasional di Belawan



BELAWAN | DN24 - Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto SH. MH bersama ribuan masyarakat nelayan yang tergabung dalam HNSI memperingati "Hari Peduli Sampah Nasional" dengan cara memunggut sampah langsung di perairan Belawan.

Dalam kegiatan tersebut yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2019 ini, Kapoldasu beserta peserta berhasil mengangkut sampah sebanyak 26,475 ton dari pesisir laut Belawan tepatnya di Dermaga Terminal Bandar Deli Belawan.

Ketua HNSI Sumut, Zulfahri Siagian SE beserta para pengurusnya, Muspika plus Belawan, instansi terkait diantaranya Pelindo 1 Belawan, Bea Cukai, Marinir TNI AL, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH. MH, para ibu Bhayangkari, serta ratusan masyarakat turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua panitia pelaksana Dirpolairdasu, Kombes Pol Yosi M mengatakan, kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah dalam Kelola sampah untuk hidup bersih dan sehat, dan kegiatan ini melibatkan 1400 orang dan ratusan kapal nelayan yang tergabung dalam bendera HNSI.


Pada pelaksanaan punggutan sampah selama 2 jam yang terbanyak mendapatkan hadiah. Kamis (21/2/19).

Selanjutnya, Ketua PJS. HNSI Sumut, Zulfahri Siagian mengatakan, sangat mendukung kegiatan bersih sampah di pesisir laut yang melibatkan kalangan nelayan bekerjasama dengan Ditpolair.

Dalam moment acara ini, kita membangkitkan kesadaran para nelayan untuk senantiasa turut menjaga kebersihan pantai dan laut demi anak cucu kita. dan dari hasil kegiatan lomba memungut sampah diikuti ribuan nelayan dan peserta berhasil mengangkat 26, 475 ton sampah organik maupun nonorganik. 

Selanjutnya sampah yang terkumpul dibawa ke lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  Marelan. terang Zulfahri.


Sementara, Kapolda Sumut, Irjen pol.Agus Andrianto SH. MH mengatakan, kegiatan peduli bersih nasional ini dilaksanakan demi anak cucu kita yang dapat mewarisi alam dan lingkungan laut yang bersih bukan alam yang tergantung pada kita tapi kitalah yang tergantung pada alam.

"Sampah lebih baik dari saya karena sampah kalau dikelola sangat banyak manfaatnya, banyak orang jadi kaya dari kelola sampah," ujar Kapoldasu.

Lanjut Agus, dengan hidup bersih akan melahirkan kwalitas hidup yang baik, pengelolaan sampah sangat perlu digalakkan dari tingkat keluarga, lingkungan hingga kelurahan. Mari kita bergandengan bersama untuk kesenangan karena engak enak juga kita senang sendiri. ungkapnya.

Selain itu, kegiatan dilanjutkan dengan peresmian kapal Patroli cepat milik Ditpolairdasu.

Kapoldasu mengingatkan tugas polisi membuat masyarakat bisa makan bukan sebaliknya guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Kapoldasu secara simbolis memberikan bantuan alat kebersihan tong sampah serta memberikan paket tali asih bagi kalangan nelayan dan Kepala Lingkungan.

Selanjutnya Kapoldasu didampingi Kapolres Pelabuhan Belawan berkeliling pelabuhan Belawan dengan menaiki kapal patroli Ditpolair guna memungut sampah dilaut bersama para nelayan. (boim)