Breaking News
Perintah Kejagung, Dua Kurir Ganja 100 Kg Dituntut Seumur Hidup

Perintah Kejagung, Dua Kurir Ganja 100 Kg Dituntut Seumur Hidup

MEDAN | DN24 -

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Aisyah Setiawati akhirnya menuntut dua kurir ganja seberat 100 Kilogram dengan pidana penjara seumur hidup pada sidang yang berlangsung di Ruang Kartika Pengadilan Negeri Medan, Rabu, (20/2/2019) sore.

Jaksa dari Kejati tersebut menyatakan pertimbangan tuntutan atas kesaksian terdakwa dan saksi-saksi lainnya di persidangan.

Namun untuk memberikan tuntutan, ujar Aisyah, dirinya harus menunggu arahan dari Kejaksaan Agung (Kejagung) RI sehingga sidang Sahudin (28) dan Asnan Ruhdi (20) beberapa minggu tertunda.

"Karena ini barangbuktinya sampai 100 Kilogram, kita menunggu lah arahan dari Kejagung. Saya pun baru dapat arahan tuntutannya pagi tadi saat tiba di kantor," ucapnya.

Aisyah melanjutkan, salinan tuntutan tersebut ia terima melalui sambungan faximile. Tugasnya dalam persidangan hanya tinggal membacakan saja.

"Ini saya cuman bacakan saja arahan Kejagung. Kita pun mengebut waktu penahanan kedua terdakwa," sambungnya.

Dihadapan Majelis Hakim yang dipimpin Irwan Effendi, Aisyah menyatakan perbuatan kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindakan pidana narkotika dalam pasal 114 (2) jo Pasal 132 (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Mempertimbangkan pemberatan perbuatan kedua terdakwa telah bersalah melawan program pemberantasan narkoba yang digagas pemerintah dan merusak generasi bangsa. Untuk itu, imbuhnya, kedua terdakwa harus dihukum sesuai perbuatannya.

"Menuntut masing-masing terdakwa Sahudin dan Asnan Ruhdi dengan pidana penjara selama seumur hidup. Menetapkan barang-bukti berupa 4 bal ganja seberat 100 Kilogram dan satu unit Handphone Nokia dirampas untuk dimusnahkan," cetus Aisyah.

Atas tuntutan tersebut, baik Sahudin dan Asnan terlihat menyandarkan tubuhnya di kursi pesakitan. Kedua pemuda asal Aceh ini mengaku menyerahkan pembelaan mereka pada pengacara prodeonya Sri Wahyuni. 
 
 
 
Sumber : TribunMedn