Breaking News
PT.MNA Giat Lakukan Bantuan Kepada Masyarakat Lewat CSR

PT.MNA Giat Lakukan Bantuan Kepada Masyarakat Lewat CSR

BATUBARA | DN24 -
 
Managemen PT Multi Mas Nabati Asahan (MNA) seperti tahun-tahun sebelumnya kembali menyerahkan bantuan CSR kepada berbagai kelompok di tiga desa di dua kecamatan bertempat di pantai Sujono Desa Lalang Medang Deras Kabupaten Batubara, Senin (11/02/2019).

Head Unit PT. MNA Yoopie Algeri mengungkapkan tahun 2019 perusahaan memberi bantuan kepada 3 pilar. Ketiga pilar tersebut adalah pembinaan dan pemberdayaan kelompok tani. Selanjutnya pilar sosial dalam bentuk pemberdayaan masyarakat sekitar dan pilar ketiga budaya adat.

Sementara tahun 2018 lalu bantuan CSR difokuskan pada pemberdayaan kelompok nelayan tradisional dan kelompok usaha kecil lainnya.

Tahun 2019 sebagai tahun ke 8 group Wilmar tersebut menjalin kemitraan dan kerjasama dengan masyarakat nelayan tradisional. Saat ini sudah 4 kelompok nelayan yang menjadi binaan PT. MNA.

Yoopie mengklaim keempat kelompok nelayan tersebut telah mampu meningkatkan taraf hidup dan perekonomiannya.

Karenanya agar lebih berkembang tahun 2019 pihak PT. MNA memberikan 3 unit sampan lengkap dengan peralatannya kepada kelompok nelayan Indah Desa Kuala Indah Kec. Sei Suka.

Selanjutnya juga diserahkan banruan 2 unit sampan berikut peralatannya kepada kelompok nelayan Teguh Bersama dari Desa Medang Kec. Medang Deras.

Bantuan CSR lainnya diserahkan kepada 4 kelompok budidaya yakni kelompok Gerakan Peduli Lingkungan Hidup (GPLH) Desa Lalang Kec. Medang Deras. Bantuan dalam bentuk budidaya udang paname dan budidaya kerang dara.

Selanjutnya kepada kelompok Pandan Wangi Desa Lalang dan Kelompok Jadilah Desa Medang yang masing-masing menerima budidaya ikan lele.

Kelompok keempat yang menerima bantuan CSR adalah Rukun Nelayan Desa Kuala Tanjung berupa alat tangkap jaring.

Selain bantuan kepada nelayan, PT. MNA juga menyerahkan bantuan berupa alat alat kerja berupa alat pengelasan untuk 4 usaha perbengkelan.

Keempat usaha perbengkelan tersebut usaha bengkel las Abufidi Desa Kuala Tanjung, Maju Bersama Desa Medang, Feri Kel. Pangkalan Dodek Baru dan bengkel las Sahabat Desa Kuala Indah.

Selanjutnya untuk membantu pemerintah dan kepolisian mengurangi angka kriminalitas dan narkoba, PT. MNA melakukan pembinaan dan peralatan pendukung latihan kepada 3 kesebelasan lokal. Ketiganya adalah PSDL Desa Lalang, PS Bintang Kejora Desa Pakam dan PS Bintang Formula Sei Suka.

Pembinaan terhadap klub sepakbola melengkapi pembinaan klub bola volly, pencat silat dan bela diri yang diwujudkan tahun 2018 lalu.

Bantuan CSR juga diberikan pada kegiatan hari besar keagamaan, perbaikan rumah ibadah, kegiatan sosial kemasyarakatan dan pembinaan seni budaya Melayu.

Juga dilaksanakan program kemitraan bersama Persatuan Pemuda Melayu Desa Lalang untuk membina UKM dengan usaha kerajinan tangan menggunakan material bekas.

Ditambahkan Yoopie sejak tahun 1998 secara konsisten melaksanakan operasi pasar minyak goreng curah di desa-desa binaan.
(Asw)