Breaking News
Rugikan Negara Rp 1 Triliun, Mantan Kades Sampali Dituntut Delapan Tahun Penjara

Rugikan Negara Rp 1 Triliun, Mantan Kades Sampali Dituntut Delapan Tahun Penjara





 
LUBUK PAKAM | DN24 -

Mantan Kades Sampali, Sri Astuti, dituntut dengan hukuman 8 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Kanin SH dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Deli Serdang.

Sri Astuti dituntut karena terbukti telah melakukan tindak pidana korupsi dengan menyalahkangunakan kewenangannya sebagai Kepala Desa Sampali untuk menerbitkan Surat Keterangan Tanah (SKT) diatas lahan PTPN II dan menerima sejumlah uang atas penerbitan tersebut.

Jaksa Penuntut menyebutkan, atas perbuatannya tersebut, negara dirugikan senilai lebih dari Rp 1 Triliun. "Menuntut terdakwa dengan hukuman kurungan selama 8 tahun penjara, denda Rp. 500 juta subsidair 1 tahun.

Selain itu, terdakwa juga dibebankan untuk membayar Uang Pengganti (UP) sebesar Rp. 2,7 Miliar, yang apabila tidak dibayarkan maka harus disita harta bendanya hingga dapat membayarkan Uang Pengganti tersebut. Bila harta benda yang telah disita tidak mencukupi besarnya Uang Pengganti, maka harus ditambahkan dengan hukuman kurungan selama 4 tahun penjara", ucap Jaksa Kanin di depan majelis hakim yang diketuai Nazar Efriandi, diruang Kartika pada Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (7/2/2019).


Sumber : TribunMedan